Membuat Pattern di Illustrator ala Autotrade Gold – Sebagai perangkat lunak untuk keperluan desain grafis, nama Illustrator mungkin tidak terdengar sese ring Photoshop. Meski sama-sama dikeluarkan oleh Adobe, secara teknis penggunaan Adobe Illustrator berbeda dengan Photoshop. Hal ini bisa dilihat dari — cara kerja Illustrator yang berbasis vector, sedangkan Photoshop berbasis Bitmap. Bicara membuat pattern, sebenarnya pekerjaan tersebut sus ah-susah-gampang.

Anda bisa saja membuat objeknya dalam hitungan detik, tapi tidak demikian dengan waktu menatanya. Sebut saja, Anda memerlukan pola yang terdiri dari 1000 atau lebih lingkaran atau bentuk rumit lainnya. Menggandakan ob jek sebanyak itu dan menatanya dalam pola tertentu, tentu saja pekerjaan yang cukup membosankan. Memang, ada “jurus sak ti” untuk menggandakan (Alt + Move Tool) yang biasanya ada di Photoshop/Illustrator. Cara tersebut memang membantu, tapi sayangnya kurang akurat. Bagi Anda yang suka pada ketelitian, penggunaan “Distort & Transform” akan membantu Anda.

Membuat bentuk sederhana Untuk memudahkan, kita akan mempelajari feature ini dari bentuk yang sederhana terlebih dahulu. Buatlah objek sederha na seperti gambar di atas dengan bantuan Ellipse Tool. Pilihlah warna yang Anda inginkan dan tumpuk 2 atau 3 lingkaran.

Gabungkan dalam satu Group Jika Anda sudah menemukan pola tertentu yang Anda ingin kan, gabungkan terlebih dahulu dengan memilih seluruh bagiannya. Sesudahnya, pilih Object Group atau menekan “Ctrl + G” sebagai shortcutnya.

Menggunakan “Distort & Transform” Dalam keadaan objek grup aktif, masuk ke menu Effect, kemudian pilih “Distort & Transform” selanjutnya pilih Transform pada jendela berikutnya. Langkah ini dilakukan untuk menduplikasi objek.

Menggandakan objek Sebelum memilih opsi ain, tentukanlah dahulu jumlah duplikasinya. Anda bisa mengisikan nilai berapa saja untuk sementara. Jangan khawatir karena Anda bisa mengubahnya lagi kemudian melalui window “Appearance”. Setelah itu, Anda hanya perlu menggeser nilai yang ada di bagian “Horizontal” pada bagian “Move”. Jika nilai tidak mencukupi, Anda bisa mengetikkannya sendiri. Jangan lupa tekan “OK”. Pastikan “Preview” di bagian kiri-bawah dalam keadaan tercentang.

Sumber : https://teknorus.com/