Dragon Naturally Speaking 13 ala FIN888 – Speech recognition: Perkembangan teknologi yang pesat khususnya pada bidang pengenalan suara (speech reco gnition) telah membuka pintu bagi lahir nya aplikasi yang mampu memanfaat kan pengenalan suara sebagai sesuatu yang dapat membantu Anda dalam kehi dupan sehari-hari. Dragon Naturally Speaking versi 14 merupakan salah satu karya yang men cerminkan hal tersebut.

Aplikasi ini me manfaatkan pengenalan suara sebagai prinsip utama dalam menjalankan feature utamanya: mengenali suara Anda dan mengubahnya ke dalam bentuk tulisan. Aplikasi karya Nuance ini memiliki ukuran yang tidak dapat dibilang kecil dan harganya pun relatif mahal. Namun performa dan kinerja aplikasi sebanding dengan itu semua. Aplikasi ini mampu mengkonversikan kata-kata Anda ke dalam tulisan dengan baik, meskipun kata kata yang diucapkan tergolong istilah teknis. Tak ada gading yang tak retak, begitu pula dengan aplikasi ini.

Dalam beberapa kesempatan aplikasi ini tetap menghasil kan kesalahan penulisan. Akan tetapi ke salahan tersebut masih dapat ditolerir. Perlu diperhatikan bahwa suasana ling kungan Anda yang tenang dan jarak An da dengan perangkat pengenal suara menjadi faktor pertimbangan yang mem pengaruhi tingkat kesalahan. Lalu apa saja kelebihan yang ditawar kan dalam versi 13 ini? Salah satu hal ba ru dari versi ini adalah Anda tidak lagi diwajibkan menggunakan headset. Kini Anda memiliki pilihan untuk mengguna kan microphone laptop. Sehingga akan memberikan kenyamanan dan kemuda han saat Anda sedang melakukan kegia tan lainnya.

Anda juga dapat meman faatkan aplikasi ini untuk menulis pada aplikasi lain antara lain Gmail, Yahoo! Mail atau iCloud, melalui browser pilihan seperti IE, Chrome maupun Firefox. Apli kasi ini juga menerima dikte untuk OpenOffice/Libre Writer 4.1 dan WordPer fect X7. Sayangnya, aplikasi ini mendu kung pilihan bahasa yang terbatas, yakni Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Belanda, Jepang, dan Spanyol. TAUFAN SATRIO KESIMPULAN: Meski masih memiliki ke kurangan namun aplikasi ini tetap layak digunakan. Apalagi fungsinya masih terus mengalami pengembangan. Bukan tak mungkin aplikasi ini akan terus disempur nakan di masa mendatang.

Sumber : https://net89.net/