MENINGOCOCCUS/MENINGOCOCCAL POLYSACCHARIDE VACCINE Diperbolehkan jika perlu, misalnya akan berpergian ke daerah endemis infeksi meningococcus atau pada Mama yang bekerja di laboratorium. Sekali injeksi selama hamil, bisa di seluruh trimester atau sebelum hamil/saat mempersiapkan kehamilan.

Baca juga : Beasiswa s2 Jerman

Tidak semua merek vaksin meningococcus aman pada mamil, yang aman adalah Menomune (MPSV4). Efek samping berupa kemerahan di tempat injeksi dan reaksi alergi. Vaksin pencegah meningitis atau radang selaput otak ini terbuat dari bakteri meningococcal yang sudah mati/tidak aktif sehingga aman untuk mamil. Bila mamil terinfeksi meningitis, kumannya bisa menjalar ke otak janin.

 

POLIO Diperbolehkan, terutama jika bepergian ke daerah endemis polio. Pemberian vaksin polio dapat meminimalisasi seseorang terjangkit virus polio yang menimbulkan kelumpuhan anggota badan bagian bawah. Anak-anak, mamil, dan seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah sangat rentan terkena virus polio, jika di daerah mereka tidak memiliki sistem sanitasi yang baik dan bersih. Pemberiannya tiga kali. Untuk lebih jelasnya, Mama bisa berkonsultasi pada dokter obgin maupun petugas kesehatan lainnya sebelum melakukan imunisasi ini.

SELALU REKAM DENGAN VIDEO ”Sebelumnya saya pernah melakukan kuret, jadi saat mengetahui saya hamil untuk yang kedua kalinya, perasaan saya sangat bahagia. Momen tidak terlupakan adalah saat saya tahu di dalam diri saya ada detak jantung calon buah hati. Setiap kali USG, tak pernah saya lewatkan untuk merekamnya dengan video. Bagi saya, kehidupan bahagia yang amat menyempurnakan saya sebagai seorang ibu akan dimulai.” DEWIA KAMALA, 7 BULAN

SUAMI SAMPAI TERSENYUM LEBAR ”Betapa bahagia saat dokter menyatakan aku sedang hamil delapan minggu. Inilah anugerah terindah untuk kami dan keluarga. Pada saat itulah aku mulai heboh, enggak pernah ketinggalan mencari informasi tentang kehamilan, dari nutrisi sampai stimulasi. Nah, tepat di usia kandungan ke-17 aku mulai melakukan USG untuk ngintip tumbuh kembang janin. Saat alat USG ditempelkan ke perut dan terdengar suara degup jantung, suamiku tersenyum lebar, karena saat itulah pertama kalinya mendengar detak jantung janin. Alhamdulillah, janinku sehat. Rasanya semakin tidak sabar menunggu bayiku lahir dan menciumnya.” NUR LUTHFIYANI, 8 BULAN

Sumber : https://ausbildung.co.id/