Apakah perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur saat ini? Jika ditarik dari rekam jejak sejarah, Jerman Barat dan Timur terbelah menjadi dua wilayah semenjak usainya Perang Dunia II. Dimana wilayah Jerman Barat didukung oleh negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Prancis dan lainnya yang menolak kelompok fasis maupun komunis, sedangkan wilayah timur dikuasai Soviet.

Dengan berdirinya Tembok Berlin pada 1961, wilayah Jerman benar-benar terbagi menjadi dua. Tembok Berlin saat itu menjadi lambang perang dingin antara blok barat dan blok timur, yang wilayah barat didukung oleh Amerika dan sekutu serta timur didukung oleh Uni Soviet. Namun, semua sudah berakhir dengan runtuhnya Tembok Berlin pada 1989 dan Jerman kembali bersatu pada tanggal 3 Oktober 1990.

Nah, setelah runtuhnya Tembok Berlin pada 1989 kira-kira perubahan apa saja yang terjadi? Apakah masih ada perbedaan antara Jerman Barat dan Jerman Timur saat ini? Langsung saja simak uraian berikut ini ya, 3 perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur yang wajib diketahui saat ini!

  1. Perbedaan Beasiswa di Universitas Jerman Barat dan Jerman Timur sektor perekonomian

Pertama perbedaan beasiswa s1 Jerman full di bagian jerman Barat dan Jerman Timur yaitu dari sektor perekonomian. Jerman memang merupakan negara yang memiliki upah sangat tinggi, walaupun diiringi dengan biaya hidup yang tidak murah. Tetapi, upah tinggi tersebut tidak semua wilayah memiliki hal yang sama contohnya seperti wilayah Jerman Barat dan Jerman Timur.

Jerman Barat merupakan bagian wilayah yang memiliki sektor perekonomian jauh lebih maju, dapat dilihat saat perang dingin dengan wilayah Barat dipimpin oleh Amerika Serikat dan sekutu, membuat wilayah ini terus berkembang tidak menutup batasan dengan negara lain seperti negara-negara liberal.

Berbeda dengan wilayah Timur yang memiliki batasan untuk mengembangkan segala hal sehingga berdampak pada laju ekonomi yang terbatas. Untuk upah di wilayah Timur hanya 2 per 3 saja jika dibandingkan dengan wilayah Barat. Walaupun jika dibandingkan dengan 32 tahun yang lalu tentu wilayah Timur perekonomian nya sudah menjadi lebih baik.

Perbedaan Beasiswa Ausbildung Jerman Barat dan Jerman Timur 

Tidak hanya dalam sektor perekonomian saja, ternyata sektor pendidikan Jerman Barat dan Jerman Timur memiliki perbedaan yang cukup mencolok.Walaupun Jerman Barat memiliki keunggulan di bidang ekonomi tetapi, untuk bidang atau sektor pendidikan Jerman Timur jauh lebih unggul dibandingkan Jerman Barat. Dilihat dari banyaknya program ausbildung di Jerman Timur.

Pendidikan Jerman Timur dengan sudah menerapkan sistem pendidikan GDR yang sudah diterapkan sejak dulu. Ditambah, semenjak perang dingin pemerintah wilayah Timur selalu memperhatikan sistem pendidikan untuk masyarakat nya. Setelah runtuhnya Tembok Berlin  pada tahun 1989, investasi pendidikan di wilayah Timur meningkat semenjak tahun 1990.

Perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur sektor politik

Terakhir yaitu mengenai perbedaan sektor politik Jerman Barat dan Jerman Timur. Adanya hasil survey yang menampakan hasil bahwa Jerman Timur masih merasa menjadi warga negara kelas dua dibandingkan wilayah Barat dan masih tidak puas dengan Demokrasi sebesar 57% ini masih menjadi sebuah permasalahan.

Perbedaan itu semakin terlihat dengan saat pemilihan partai ekstrem kanan AfD hanya memperoleh 10% di Jerman wilayah Barat dan wilayah Timur bisa naik hingga 25% terutama untuk negara-negara bagian seperti, Brandenburg, Sachsen dan Thüringen. Penduduk wilayah Timur menurut Psikoterapis asal Jerman Hans-Joachim mengatakan bahwa warga di negara timur cenderung lebih kritik terhadap kapitalisme, aturan dan media sehingga timbulah protes melawan politik Jerman yang didominasi Jerman wilayah Barat.

Lihat berita lainnya seputar pendidikan dan beasiswa di jerman melalui laman situs switch2success.com