Memotret Saat Terik Siang

Memotret saat cahaya matahari terik terlihat mudah, karena cahaya terang ada di mana-mana. Padahal tak sesederhana itu, karena banyak juga batasannya seperti kontras sangat tinggi, flash menjadi tak berarti, objek tampak datar dan warna yang rusak. Berikut tipsnya

Memotret Saat Terik Siang

Backlight.

Saat memotret orang di bawah terik matahari, arahkan punggungnya ke sinar matahari agar dia tidak menyipitkan matanya. Aktifkan flash untuk membuat wajahnya sedikit lebih cerah, karena wajahnya akan berbayang.

Bayangan.

Perhatikan bayangan dalam foto pemandangan, bayangan perbukitan atau bayangan pohon bisa menghasilkan foto bayangan yang menarik. Kalau di perkotaan, perhatikan sesuatu seperti pintu darurat, yang bisa menampilkan detil bayangan pada tembok.

Pantulan.

Kalau kamu berada di sebuah jalan kecil, biasanya setengah bagian jalan akan bercahaya terang dan cerah, sementara setengah lainnya akan gelap berbayang. Jika menemui hal ini, bagian yang terang akan memantulkan cahaya matahari ke bagian yang gelap. Hal ini bisa menciptakan pola warna yang unik, jadi pakailah salah satu pantulan cahaya tersebut sebagai titik bidikan seorang model.

Bocoran cahaya.

Cahaya terang dari luar menerobos jendela kaca dan berpendar, bisa menampilkan campuran warna menarik. Warnanya juga menghasilkan pola, seperti Anda saat memotret di dalam area bangunan. Ini adalah lokasi ideal untuk berlatih kemampuan HDR karena tingkat kontrasnya yang tinggi.

Foto candid.

Posisi bagus saat memotret foto tersembunyi (candid) adalah dari atas pangkuan paha. Jangan membidik lewat kamera saat memotret candid. Untuk melakukannya, sebelumnya lakukan pre-fokus dan perkirakan seberapa jauh objek tak terduga tersebut bakal lewat. Biasanya perkiraan yang bagus berjarak 2-3 meter, atau mungkin lebih dekat. Kelebihan memotret saat cuaca cerah adalah peluangnya lebih besar untuk mendapatkan foto tajam dari objek, dengan bukaan lebih kecil. Hal ini memberikan kedalaman yang lebih besar, artinya bisa mengurangi objek dalam area fokus, sehingga peluang mendapatkan foto yang semuanya tajam akan berkurang.