Pada masa ini, tubuh seorang perempuan mengalami ba nyak perubahan, baik secara hormonal, fisik luar, maupun psikologis. Pada masa ini juga tetap terjadi gejala-gejala, antara lain: gangguan siklus haid. Perubahan pada kejiwaan seperti semburan panas (hot flush), mudah marah dan gelisah, susah untuk tidur, kurang percaya diri, pusing, dan berubahnya siklus menstruasi jadi tidak teratur. Nah, gejala terakhir inilah yang bisa menjadi tertukar dengan gejala kehamilan walau kasusnya jarang. Si Mama berpikir, ia sedang tidak datang bulan karena sedang menuju meno pause, tidak tahunya ada janin dalam kandungannya.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

  • TES KEHAMILAN TIDAK AKURAT Ada perempuan yang sudah curiga dirinya hamil, kemudian melakukan tes kehamilan man diri dengan alat yang banyak dijual di apotek dan pasar swa layan. Tes kehamil an yang biasa ada di pasaran tidak 100% akurat. Tes ini masih menyisakan 1% hasil yang salah. Hasil tes tak akurat terjadi terutama jika mamil melakukan tes pengujian terlalu awal sehingga tubuh tidak memproduksi dengan cukup hormon beta HCG yang seharusnya dapat terdeteksi. Atau jika mamil juga minum terlalu banyak air dalam sehari sehingga ikut menjadikan mengencerkan kadar hormon, atau jika salah menggunakannya. Kehamilan anggur (mola hidati dosa) juga sangat sering menyebabkan alat tes uji kehamilan menjadi negatif walaupun Mama sudah hamil selama 3-4 bulan.

Itu dikarenakan kadar dari hormon beta HCG terlalu tinggi, sehingga menyebab kan test urine false negative (negatif palsu). Hal ini perlu dilakukan dengan pengenceran urine dengan air/aqua bidest sebelum dilakukan tes kehamil an untuk menghindari hasil yang negatif palsu tadi. Paling baik, pada waktu muncul tanda-tanda kehamilan, sebaiknya hal yang Mama melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Tanda kehamil an awal yang perlu diperhatikan selain menstruasi adalah mual dan nyeri puting, lebih banyak berkemih, payu dara makin membesar dise babkan oleh mening katnya produksi hormon esterogen dan progesteron, puting juga membesar dan warnanya semakin gelap.

sumber : https://pascal-edu.com/