Nasi bento dari Catering Pernikahan Jakarta adalah nasi yang dibuat dan ditata dengan cantik untuk membangkitkan nafsu makan seseorang, nasi bento bukanlah berasal dari Indonesia melainkan dari negara Jepang.

Biasanya orang tua disana membuat bekal yang dinamakan “nasi bento” untuk anak-anak mereka ketika sedang beraktifitas diluar misalnya sekolah atau sedang perjalanan wisata.

Berbeda dengan tradisi di Indonesia namun nasi bento hadir sebagai alternatif sebagai suguhan supaya anak bisa mau untuk makan, seperti yang kita tau bahwa anak akan mau makan apabila disuruh dan dipaksa untuk makan berbeda dengan orang dewasa yang sudah mengerti kapan waktu untuk makan.

Orang dewasa dan anak-anak memiliki perbedaan dalam makanan, anak masih belum memiliki pikiran yang dewasa untuk bisa makan sendiri, sedangkan orang dewasa sudah mengerti untuk bisa memenuhi kebutuhannya. Untuk itu diharapkan orangtua-orangtua bisa terus tidak patah semangat dalam memberikan asupan gizi kepada anak-anak.

Untuk itu referensi menggunakan nasi bento bisa menjadi pilihan yang tepat. Walaupun nasi bento yang sebenarnya berasal dari Jepang juga harus menggunakan bahan-bahan dari negara tersebut, tidak perlu khawatir karena dengan bahan-bahan seadanya kamu bisa membuat nasi bento.

Berikut ini beberapa kreasi untuk membuat nasi bento sesuai dengan budaya Indonesia:

  1. Nasi kuning 

bahan utama dari nasi bento nasi kuning adalah nasi kuning itu sendiri. Walaupun di negara Jepang tidak ada nasi kuning namun kamu bisa memberikan kreasi nasi kuning untuk dijadikan nasi bento.

Ciri khas dari nasi bento adalah bentuk-bentuk yang unik, selain itu nilai gizi juga harus seimbang dan diberikan lauk-pauk dan sayuran. Kamu bisa mencari cetakan untuk nasi bento di pasar tradisional, mereka menyediakan cetakan mini yang disukai anak-anak misalnya vetakan bergambar hewan, kartun, sampai gambar boneka.

Selain itu dengan tambahan lauk pauk dan sayuran kita tidak hanya meletakkan komponen itu disana melainkan kita harus memberikan inovasi seperti menghiasnya dan memotong supaya bisa berbentuk yang lucu-lucu.

  1. Nasi uduk

Sama seperti nasi kuning, mungkin di negara Jepang tidak ada nasi uduk namun inilah keunikannya. Kita bisa tetap mencoba referensi makanan lain namun tetap mencintai produk Indonesia dengan cara memberikan kreasi yang baru seperti ini. Sama seperti nasi kuning pada nasi uduk juga menggunakan cetakan mini yang berbentuk hewan, boneka, dan kartun.

  1. nasi putih

Mungkin nasi putih adalah nasi yang sudah umum namun ini juga salah satu alternatif dalam pembuatan nasi bento. Sama seperti nasi kuning dan nasi uduk, kegunaan nasi putih ialah sebagai makanan utama dan dipadukan dengan menu seperti sayur dan lauk-pauk.

walaupun cara pembuatan nasi bento sedikit agak lama namun itulah perjuangannya, ketika sang anak membuka kotak bekal dan melihat betapa lucunya bentuk-bentuk yang terlihat ia akan merasa lebih semangat untuk mencoba menikmatinya. Tidak perlu khawatir kamu bisa menikmati nasi bento dalam bentuk kotak yang biasanya dijual oleh umkm yang menyediakan catering makanan.

Dengan begitu kamu hanya tinggal menunggu hingga makanan itu sampai, nasi bento lebih ditujukan untuk anak-anak namun orang dewasa juga bisa tetap makan nasi bento. Nasi bento biasanya disajikan dalam bentuk dan porsi anak-anak sesuai dengan porsi mereka, apalagi bentuk-bentuk yang lebih anak-anak membuat nasi bento masih digemari oleh kalangan anak-anak hingga sekarang.

Salah satu acara yang tepat untuk menggunakan nasi bento sebagai hidangan adalah acara ulang tahun anak-anak atau acara-acara yang didominasi oleh anak-anak dibawah 12 tahun. Berbeda dengan acara-acara yang dihadiri oleh orang dewasa lebih baik menggunakan nasi box pada umumnya, nasi bento yang digemari oleh anak-anak adalah nasi bento yang semakin menarik untuk dilihat.

Menu-menu yang ditawarkan oleh nasi bento tidak terlalu variatif karena memang jangkauan nasi bento adalah anak-anak, misalnya pada nasi box disajikan menu yang lebih tinggi kolestrol, pedas dan berkuah karena itulah memang kesukaan orang dewasa.

Ciri utama yang ada pada nasi bento juga pada intensitas kadar air, pada nasi bento dibuat tidak berkuah dan makanan tetap dalam keadaan kering. Berikut ini menu-menu yang biasanya ada di dalam nasi bento:

  1. telur

telur yang diolah juga tidak boleh variatif, biasanya diolah menjadi telur goreng dadar/ceplok, dan telur rebus. Setelah melalui pengolahan telur akan dihias dengan cara memotong dan menata bersebelahan dengan nasi bento.

  1. ayam

lahan ayam yang boleh disajikan untuk nasi bento adalah ayam yang digoreng, ayam yang disuwir, ayam yang dikecapi dan sebagainya. Tidak boleh bernuansa pedas karena anak-anak masih belum menyukai rasa pedas, setelah melakukan pengolahan ayam akan disusun dan ditata bersebelahan dengan menu lainnya.

  1. tempe/tahu

pengolahan tempe/tahu dengan cara sederhana yaitu hanya digoreng, tidak menggunakan bahan yang pedas karena anak-anak belum menyukainya, setelah itu tempe/tahu akan dipotong-potong dan dihias bersama menu lainnya.

  1. nugget

nugget adalah salah satu makanan favorit anak-anak, ditambah lagi beberapa nugget sudah memiliki bentuk yang lucu-lucu. Dengan adanya nugget anak semakin semangat untuk bisa mencoba nasi bento

  1. sosis

sosis adalah olahan yang terbuat dari daging sapi maupun ayam, sosis juga termasuk salah satu makanan favorit anak-anak. Dengan cara pembuatan yang simple hanya digoreng membuat orangtua tidak perlu repot-repot untuk membuatkan makanan untuk anak