Modern ini Jerman adalah negara yang menjadi destinasi utama tidak hanya untuk wisata namun juga untuk menempuh pendidikan. Banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Jerman demi masa depan yang cerah.

Saat ini setiap tahunnya lebih dari 18.000 mahasiswa yang menuntut ilmu di kampus-kampus Jerman. Jika kamu saat ini sudah menentukan untuk melanjutkan sekolah di Jerman, maka sebaiknya tentukan manakah kampus di Jerman yang akan kamu pilih. Pastikan kampus ini bisa mengajarkan sesuai dengan minat dan bakat.

Baca Juga: Tips Memilih Tempat Catering

Memilih universitas yang baik sangat penting dan akan menjadi bijaksana jika bisa membandingkan satu dengan yang lainnya. Ada beberapa tipe universitas yang dapat menjanjikan masa depan terbaik yaitu universitas negeri dan swasta.

3 Jurusan Kuliah yang Bisa Dipilih Saat Kuliah Di Jerman

Masing-masing universitas tersebut memiliki jurusan yang terkenal namun pada dasarnya kamu bisa memilih sesuai jurusan yang diminati. Menurut pembagian jurusannya, ada 3 jurusan yang bisa dipilih sesuai minat yaitu sebagai berikut ini:

1. Universitas Teknik

Jika kamu berminat untuk mempelajari akademik secara teori maka universitas teknik bisa menjadi pilihan. Universitas ini menyediakan berbagai jurusan teknik dan kamu bisa menempuh pendidikan hingga tingkat doktoral.

2. Universitas Ilmu Terapan

Kampus di Jerman menyediakan juga jurusan ilmu terapan, banyak praktek yang akan diajarkan di kampus ini. Fokus yang diberikan lebih profesional daripada universitas teknik yang mengajarkan banyak teori. Jurusan yang bisa dipilih seperti teknologi, ekonomi hingga kedokteran.

3. Kampus Seni, Film dan Musik

Jika kamu memiliki jiwa seni yang tinggi, Jerman adalah pilihan sekolah yang tepat. Ada banyak jurusan seni seperti musik, arsitektur, seni visual, tari, drama hingga fashion desain. Untuk seni modern, jurusan film telah meluluskan banyak sutradara, sinematografi, penulis skenario.

5 Cara Memilih Kampus di Jerman yang Tepat untuk Masa Depan

Banyaknya tawaran jurusan bisa dipilih sesuai dengan minat. Walaupun sudah memilih jurusan, akan ada beberapa pilihan kampus di Jerman. Jika terdapat dua atau tiga pilihan, manakah yang harus kamu pilih? Berikut ini cara memilihnya:

1. Tes masuk

Pilih kampus berdasarkan dengan tes masuknya. Jika perlu ambil banyak pilihan dan seleksi manakah tes masuk beserta syarat-syarat yang cocok denganmu. Kampus negeri biasanya memiliki tes masuk yang lebih sulit karena biayanya yang murah. Sedangkan kampus swasta akan menuntut biaya pendidikan yang lebih tinggi tanpa tes masuk.

2. Biaya pendidikan

Biaya pendidikan menjadi penting pada saat memilih kampus. Universitas negeri di Jerman sudah membebaskan biaya pendidikan sejak tahun 2014. Hanya saja kamu harus lulus tes masuk untuk bisa mendapatkan biaya pendidikan gratis. Jika tidak maka kamu bisa mencari beasiswa, rata-rata beasiswa akan memberikan biaya sebesar 800 euro per bulannya. Jangan lupa pertimbangkan biaya hidup selama di sana.

3. Lokasi Kampus

Pilih lokasi yang tidak memiliki biaya hidup yang tinggi. Biasanya kampus terkenal terletak di kota besar seperti Munich. Coba periksa kembali apakah lokasi tersebut bisa untuk Anda tinggal dengan nyaman. Memilih kampus yang terletak di kota yang nyaman akan membantu proses belajar.

4. Akreditasi

Setiap sekolah pasti memiliki akreditasi bahkan kampus di Jerman. Akreditasi ini biasanya sesuai dengan kampus dan jurusan. Pilih kampus yang memiliki akreditasi tinggi dan memiliki tempat riset yang terpercaya.

5. Prospek masa depan

Setelah selesai masa studi tentu saja tujuannya adalah untuk bekerja. kamu harus memilih kampus yang sesuai dengan cita-cita dan tujuan. Apakah kampus tersebut dapat membantu untuk mewujudkan cita-cita setelah lulus nanti.