Tips Memilih Tempat Catering – Saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai menggunakan jasa catering di Antalogi untuk membantu mempersiapkan kebutuhan acara formal maupun non formal. Mulai dari acara kantor, acara keluarga, hingga pesta pernikahan.

Makanan merupakan hal krusial dan menjadi perhatian dari para tamu undangan. Pastinya kamu tidak inginkan apabila makanan yang disajikan di acaramu memiliki rasa yang tidak enak atau buruk?

Maka, kamu tidak boleh sembarangan memilih jasa catering. Tentukan vendor catering yang sesuai dengan budget kamu dan pastinya tetap memiliki makanan dengan cita rasa yang enak.

 

Tips Jitu Memilih Tempat Catering

Sudah banyak jasa catering yang tersebar dimana-mana untuk membantumu. Tapi, kamu tetap harus memperhatikan kualitas makanan yang disajikan.

Lalu, apa saja sih yang harus diperhatikan dalam memilih vendor catering? Ada beberapa tips yang harus kamu ketahui sebelum kamu menentukan vendor catering untuk acara mu.

 

1. Cari Rekomendasi dan Testimoni

Tips memilih tempat catering yang pertama adalah kamu harus mencari rekomendasi tempat catering yang memiliki testimoni bagus dan baik.

Carilah rekomendasi melalui sosial media, website, atau melalui kerabat, sanak saudara, dan teman mu yang pernah menggunakan jasa catering sebelumnya.

Pastikan catering tersebut memiliki testimoni konsumen yang memuaskan. Kamu juga bisa melihat-lihat langsung melalui sosial media atau website resmi dari jasa catering. Sekaligus kamu melihat respon pelanggan sebelumnya.

2. Pertimbangkan Lokasi Catering

Cari tahu lokasi tempat catering yang kamu tuju adalah tips memilih tempat catering selanjutnya. Usahakan kamu memilih tempat catering yang dekat dengan lokasi acara mu. Hal ini memperkecil kemungkinan macet saat mengantar makanan saat hari H acara.

Nantinya kamu juga akan survei langsung untuk test food dan sebagainya. Jadi pastikan jarak lokasi catering dan lokasi acara mu sesuai dan tidak membuat kamu lelah dalam perjalanan.

3. Survei Langsung Ke Tempat Catering

Survei langsung memang harus dilakukan untuk melihat secara langsung tim catering dan kebersihan tempat.

Dari sini kamu bisa melihat apakah vendor catering tersebut memiliki komunikasi yang baik atau tidak. Kamu bisa menilai kebersihan makanan dari tempat atau kantor mereka.

 4. Memiliki Variasi Menu dan Fleksibel

Agar mudah dalam menentukan makanan yang tepat untuk acara mu, pastikan tempat catering memiliki menu yang cukup variatif contohnya saja nasi box Jakarta dan Kamu juga bisa menanyakan menu makanan favorite di catering tersebut.

Selain itu, tanyakan juga apakah vendor catering tersebut fleksibel dalam menentukan menu. Jadi kamu bisa memilih menu yang kamu suka tanpa harus terpaku dengan paketan-paketan yang ditawarkan oleh pihak vendor catering.

5. Menyediakan Test Food

Catering yang baik dan berkualitas adalah catering yang menyediakan jadwal test food pada konsumennya. Jika vendor catering tidak menyediakan test food, kamu berhak mencari vendor catering lain yang lebih bagus dan profesional.

Test food ini ditujukan agar konsumen dapat mencoba langsung makanan yang disediakan oleh pihak vendor. Kamu bisa menilai apakah rasa makanan yang disajikan sesuai dengan selera kamu dan cocok untuk acara mu atau tidak.

6. Memiliki Kontrak Yang Jelas

Tips memilih tempat catering yang terakhir adalah pastikan tempat catering yang kamu pilih memiliki tanggung jawab. Kamu bisa melihatnya melalui kontrak. Pastikan tempat catering memiliki term and condition yang baik dan jelas.

Walaupun terasa seperti hal sepele, kamu tidak boleh melupakan untuk tanda tangan kontrak dengan pihak vendor di atas materai. Karena ini akan menjadi rujukan apabila ada hal yang tidak diinginkan terjadi di acara mu.

Dengan kontrak, kamu bisa melihat apakah vendor catering memiliki planning lain apabila jasa yang disediakan tidak sesuai atau terjadi kondisi yang tidak memungkinkan. Sehingga, jika pihak vendor lalai dan membuat kesalahan, kamu bisa menuntut pertanggung jawaban yang ada di kontrak.

Itu dia tips memilih tempat catering catering yang bagus dan berkualitas. Ke enam tips tersebut bisa kamu jadikan tolak ukur dan referensi dalam proses memilih jasa catering. Sudahkah kamu menemukan vendor catering terbaik versi mu?