Datang dari Abu Phoenix

Browser favorit ini merayakan ulang tahun kese puluh pada tahun 2014 ini. Namun, sejarah Firefox dimulai pada akhir tahun sembilan puluhan. Perang browser sudah dimulai sejak Internet baru muncul. Era 1995 sampai 1998, Netscape Navigator dan Internet Explorer sudah memulai perang browser.

Baca juga : Net89

Nama yang terakhir muncul sebagai pemenang karena Microsoft mempaketkannya dengan sistem Windows. Perlahan-lahan nama Netscape Navigator menghilang. Selanjutnya, pada awal tahun 1998, sebuah perusahaan merilis source code dari browser mereka dalam model open source dan sekaligus mendirikan yayasan Mozilla. Nama ini muncul dari logo perusahaan tersebut (kadal besar berwarna yang mirip dengan Godzilla).

Kemudian, yayasan ini memfokuskan diri pada pengembangan aplikasi suite, terutama untuk software gratis yang dapat digunakan di Internet. Dua programmer, Blake Ross dan Dave Hyatt saat itu masih bekerja untuk web browser Phoenix. Versi pertama Phoenix hanya digunakan sebagai percobaan. Versi penuhnya dirilis pada akhir 2002. Tahun berikutnya, perusahaan memilih untuk mengubah strategi. Tool seperti browser, email client, dan editor HTML tidak lagi ditawarkan sebagai paket suite, tetapi dijual sebagai komponen individu.

Di sisi lain, karena ada gugatan dari sebuah produsen BIOS yang memiliki nama sama, nama browser akhirnya diubah menjadi Firebird. Namun, ternyata nama Firebird pun sudah ada yang memiliki sehingga Mozilla akhirnya memutuskan meng gu nakan nama Firefox. Versi pertama Firefox untuk penggunaan sehari-hari muncul pada November 2004. Dengan sebuah pemasaran yang spektakuler membuat browser ini menjadi begitu populer.

Akhirnya, pada Desember 2004, dalam sebuah iklan, New York Times mengumumkan kehadiran Firefox dan pengembangnya. Kam panye dan iklan ini dibiayai secara eksklusif melalui sumbangan. Akibatnya, Mozilla Firefox berhasil merebut pasar Internet Explorer sehingga memaksa Microsoft mengembangkan produknya lagi. Perang browser kedua pun dimulai. Tahun 2008, Firefox menerima penghargaan dari Guinness Book of World Records untuk jumlah download tertinggi dalam kurun waktu 24 jam (delapan juta kali. Di tahun yang sama, Google Chrome juga ikut bertaruh dalam persaingan browser.