Wedding Organizer Tangerang – Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit. Konstipasi atau sembelit merupakan kondisi susah buang air besar karena terjadi pengerasan tinja. Seseorang yang mengalami sembelit akan merasakan perut begah. Kondisi susah buang air besar ini dapat membuat seseorang menjadi enggan untuk makan.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami susah buang air besar diantaranya : kurangnya konsumsi makanan berserat sehingga Anda dapat memesan catering Depok harian.

Dan kurangnya minum air putih dalam waktu yang lama, kebiasaan menunda buang air besar, kurang berolahraga, banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti alkohol, penggunaan beberapa jenis obat tertentu dan lainnya.

10 Daftar Makanan Pelancar BAB Untuk Mengatasi Sembelit

Anda dapat mengatasi masalah sembelit dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Simak apa saja makanan pelancar BAB di artikel ini

Beberapa makanan pelancar BAB ini dapat membantu memperlancar pencernaan dan mengatasi masalah susah buang air besar, diantaranya:

  1. Pepaya

Kandungan vitamin A, B, C dan beta karoten yang terdapat di dalam buah pepaya sangat menyehatkan tubuh. Selain itu di dalam buah pepaya juga terkandung serat dan enzim papain yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah susah buang air besar.

Enzim papain ini juga mampu membunuh parasit yang menghambat aktivitas pencernaan. Itu sebabnya pepaya seringkali digunakan sebagai makanan pelancar BAB dan dapat mencegah wasir.

  1. Alpukat

Buah alpukat dipercaya dapat menjadi makanan pelancar BAB karena alpukat banyak mengandung lemak baik dan vitamin E. Per 100 gram alpukat terkandung serat yang tinggi sejumlah 2,2 gram.

Serat inilah yang membantu memperlancar pencernaan sehingga mengonsumsi alpukat akan membuat BAB menjadi lancar.

  1. Melon

Mengonsumsi buah melon dapat membantu melancarkan pencernaan. Salah satu makanan pelancar BAB ini juga mengandung mineral dan serat serta air yang banyak sehingga buah melon ini dapat menyehatkan organ pencernaan.

  1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang mengandung banyak serat yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan pelancar BAB. Sayuran ini bagus untuk mengatasi dan menyembuhkan sembelit.

  1. Apel merah

Buah apel merah memiliki serat larut air yang tinggi, asam organik serta kalium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi buah apel secara rutin dapat membantu melunakkan BAB.

  1. Buah tin

Serat yang tinggi juga bisa didapatkan dari buah tin. Buah tin merupakan salah satu makanan pelancar BAB yang mengandung 7,5 gram serat di tiap 75 gram buah tin kering. Dengan kandungan serat tersebut buah tin dapat dijadikan makanan pelancar BAB yang dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh hingga 30% serat harian.

  1. Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Mengonsumsi oatmeal dapat memperlancar sistem pencernaan sehingga sembelit bisa dihindari.

  1. Chia Seed

Chia Seed termasuk makanan pelancar BAB yang tinggi akan serat. Kandungan serat chia seed ini hampir 40% dari total kandungan tumbuhan ini. Selain itu chia seed juga mengandung asam lemak omega – 3 yang mampu membantu menurunkan darah dan kadar kolesterol. Makanan ini selain baik untuk kesehatan organ pencernaan ternyata juga baik untuk kesehatan jantung.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang baik untuk kesehatan karena brokoli mengandung vitamin C dan serat yang tinggi. Dengan kandungan zat – zat tersebut, brokoli dapat dijadikan makanan pelancar BAB. Selain itu, brokoli juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan baik untuk kesehatan kulit.

  1. Kacang – kacangan

Kacang – kacangan seperti kacang kedelai, kacang almond, kacang mete dan lainnya mengandung banyak zinc yang mampu melancarkan BAB dan mengatasi sembelit. Konsumsi kacang – kacangan ini baik untuk kesehatan organ pencernaan.

Sekianlah pembahasan mengenai berbagai macam makanan pelancar BAB dan jika Anda membutuhkan jasa catering pernikahan maka bisa klik link tersebut yah, semoga bermanfaat.