Optimalkan Jalur Water Jacket Pada V-ixion

Fenomena bore up atau tam- bah kapasitas mesin, jamak dilakukan speed lovers yang tidak puas dengan performa motornya. Langkahnya cukup mudah seiring semakin menjamurnya paketan bore up yang tinggal pasang di beberapa speed shop. Tidak terkecuali bagi Yamaha V-Ixion. Paketan mulai piston 60 mm – 63 mm bisa diangkut dengan rogoh kocek Rp 500 ribu hingga sejutaan. Terlepas dari laju motor semakin kencang, ada masalah yang ditimbulkan setelah bore up. “Kebanyakan keluhan yang terjadi suhu mesin melonjak berlebih dibanding kondisi standar. Hal ini wajar mengingat ketebalan boring semakin menyusut seiring membesarnya diameter piston kejar kapasitas besar,” bilang Dodi Wijaya, pemilik bengkel CMC-030 spesialis V-ixion di daerah Cikarang, Bekasi. Rambatan panas terasa hingga betis malahan beberapa pemakai yang sering turing dengan V-ixion bore up-an mengeluhkan volume coolant di tabung reservoir cepat menyusut. Problema ini bila tidak segera diantisipasi rawan timbulkan overheat.

“Iseng saya tambahi lubang jalur air radiator pada gasket head. Bawaannya cuma 4 lubang, sekarang jadi 8 lubang sesuai dengan jalur yang sudah ada di head. Hasilnya suhu lebih stabil,” ujar Dodi yang baru melepas masa lajangnya ini. Asumsi Dodi dengan menyesuaikan jumlahnya maka sirkulasi air lebih lancar. “Kemungkinan air yang telah didinginkan lebih cepat turun dari head ke blok sehingga panas lebih cepat teredam dibanding kondisi sebelumnya,” jawab Abdul Madjid, Instruktur Teknisi PT Surya Timur Sakti Jatim di sela opening YES angkatan ke-8.

Cara melubangi gasket dengan bantuan bor tuner. Bubuhi dengan spidol watermark di sekeliling lubang water jacket head. Tempelkan gasket baru dengan cara ditekan beberapa saat akan muncul pola sebagai acuan untuk bor tuner. Bersihkan dengan amplas bagian yang tajam lalu semprot dengan cat anti panas bolak balik tipis. OP coba bandingkan temperatur mesin antara V-ixion standar dengan bore up piston 60 mm. Dari diagnostic tool Yamaha terpantau suhu sebelum kipas pendingin berputar sebesar 100 derajat celcius dan bore up 102 derajat celcius.