DapurAnda.net – saat ini banyak sekali usaha dibidang kuliner yang banyak berkembang, dan perkembangan tersebut juga dapat dikatakan sebagai salah satu perkembangan yang sangat pesat atau cepat, 

banyak sekali para pengusaha catering harian Jakarta yang berlomba-lomba agar bisa menarik banyak minat para konsumen, ada juga beberapa orang yang membuka warung makan di depan rumah atau di teras rumah mereka, lalu juga ada orang yang melakukan usaha catering rumahan. 

Dan bentuk catering ini adalah lebih mengarah kepada pelayanan yang akan didapatkan oleh para customer untuk menu makanan, dan minuman yang akan diperlukan untuk berbagai acara besar, 

namun saat ini sudah beredar paket catering harian yang akan disediakan untuk kalian yang berada di kantor, atau bahkan kalian yang sedang berada di rumah namun kalian sedang malas untuk memasak, kalian bisa menggunakan catering rumahan.

Namun, bagi kalian yang sangat pandai memasak berbagai macam makanan yang lezat, kalian juga bisa membuka usaha catering rumahan untuk menambah penghasilan yang akan kalian dapatkan nantinya, 

mungkin beberapa ibu rumah tangga yang saat ini mengabdikan dirinya hanya dirumah tidak untuk bekerja di luar rumah tentu saja akan merasa bosan, dan juga tetap ingin menghasilkan uang sendiri, namun saat ini dengan adanya bisnis catering rumahan, maka para ibu rumah tangga, bisa menambah penghasilannya dari rumah. 

Terlebih usaha catering rumahan ini tidak memerlukan modal yang banyak, pengeluaran tersebut juga akan semakin banyak saat kalian membuka sebuah restoran, atau warung makan yang jauh membutuhkan biaya yang sangat besar dibandingkan hanya membuka catering rumahan saja.

Dan saat kalian memutuskan untuk membuka usaha catering rumahan tersebut maka tentu saja al tersebut adalah salah satu langkah yang baik di dalam dunia kuliner, karena seperti yang kita ketahui bahwa usaha yang tidak akan pernah mati adalah usaha kuliner atau makanan.

Walaupun kelihatannya usaha catering rumahan sangatlah mudah, namun pada dasarnya akan banyak rintangan yang akan kalian hadapi saat akan mencoba merintis usaha ini, kalian harus memiliki jiwa tangguh yang tahan banting terhadap semua tantangan saat memulai usaha catering rumahan.

Lalu bagaimana saja caranya untuk membuka usaha catering rumahan yang baik, dan juga sangat menguntungkan? Nah di bawah ini sudah kami jabarkan beberapa cara sukses untuk memulai usaha catering rumahan bagi kalian yang memiliki modal terbatas, dan apa saja menu yang bisa kalian sajikan kepada para pelanggan.

  • Menentukan dengan Baik Jenis Usaha Catering

Salah satu cara bisnis catering rumahan yang paling pertama adalah menentukan terlebih dahulu jenis usaha catering yang akan kalian rintis, karena hal tersebut jua sangat mempengaruhi jalannya usaha kalian nantinya.

Dengan menjalankan usaha rantangan maka kalian tidak memerlukan biaya yang besar seperti halnya saat kalian ingin membuka warung makan, dengan begitu maka usaha catering rumahan ini sangat cocok bagi anda para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan pendapatan tambahan, namun modal yang dikeluarkan juga tidak akan banyak.

  • Menentukan Pasar

Setelah selesai menentukan jenis usaha catering apa yang akan kalian jalankan, setelah itu kalian harus bisa menentukan pasar atau melakukan riset pasar terlebih dahulu, karena tanpa adanya target pasar yang bagus, maka makanan apapun yang kalian sajikan.

Bahkan seenak apapun makanan tersebut apabila kalian tidak mendapatkan target pasar dengan baik, maka hal tersebut bisa dianggap suatu aksi yang tidak ada artinya, bisa kalian bayangkan, misalnya kalian menjual makanan yang berbahan dasar non halal, 

namun kalian menjual di kawasan yang mayoritas beragama islam, seperti kota Aceh, dengan begitu maka kalian akan susah mendapatkan pelanggan karena kalian tidak melihat target pasar sebelum melakukan penjualan tersebut. 

Apabila kalian melakukan sebuah riset kecil-kecilan mengenai target pasar kalian, maka kalian jauh dimudahkan untuk meningkatkan daya saing kalian. Kalian juga harus bisa melihat apakah di daerah tempat kalian melakukan bisnis catering rumahan tersebut, sudah ada yang memulai bisnis catering rumahan atau belum, 

jangan sampai kalian melakukan bisnis catering rumahan padahal di daerah rumah kalian sudah banyak sekali orang yang melakukan catering rumahan, terlebih jika mereka sudah lebih dahulu melakukan bisnis tersebut, maka biasanya banyak orang yang jauh lebih percaya dengan catering rumahan yang sudah berpengalaman, dibandingkan yang baru memulai usaha.

Mencari supplier, ini adalah salah satu strategi yang harus kalian lakukan dan sangat penting untuk dilakukan saat ingin memulai usaha tersebut. Kalian harus bisa mencari para supplier yang terpercaya, yang bisa menyediakan bahan makanan untuk usaha catering rumahan kalian setiap harinya. 

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan, apabila di awal usaha kalian memilih untuk berbelanja sendiri ke pasar, namun di saat kalian membutuhkan bahan makanan, dan ternyata tidak ada tentu kalian semakin pusing, dan repot untuk mencari bahan makanan tersebut, 

namun dengan adanya supplier bahan makanan tersebut maka kalian tidak akan dipersulit untuk mencari bahan makanan, karena para supplier bahan makanan tersebut yang akan mencari bahan makanan yang akan kalian butuhkan.