Manfaat Kefir – Apa sih sebenarnya kefir itu? Ya, perlu Anda ketahui bahwa kefir sebenarnya merupakan sejenis minuman probiotik yang hampir mirip dengan yoghurt.

Bahan dasar kefir sendiri adalah susu yang telah difermentasikan. Namun, kefir memiliki manfaat yang jauh lebih baik dibandingkan dengan yoghurt. Hal ini disebabkan pada penggunaan kurang lebih 60 jenis mikroba untuk memfermentasikan kefir

Baca Juga: 5 Tumbuhan Pemakan Serangga

Sedangkan yoghurt biasanya difermentasikan dengan hanya dengan sedikit mikroba. Istilah kefir berasal dari bahasa turki, “Keif”, yang memiliki arti menyenangkan atau perasaan senang.

7 Manfaat Kefir untuk Kesehatan Tubuh

Nah, kandungan probiotik pada kefir menjadikan kefir sebagai minuman dengan banyak manfaat. Berikut adalah 7 manfaat kefir untuk kesehatan!

1. MENGONTROL GULA DARAH

Manfaat kefir yang pertama adalah dapat mengontrol gula darah. Pada tahun 2015, dilakukan sebuah penelitian untuk membandingkan efek mengonsumsi kefir dan susu fermentasi konvensional pada penderita diabetes.

Penderita diabetes yang mengonsumsi kefir memiliki kadar gula darah puasa yang secara signifikan lebih rendah dibandingkan penderita diabetes yang mengonsumsi susu fermentasi konvensional. Selain itu, penderita diabetes yang mengonsumsi kefir juga mengalami penurunan nilai hemoglobin.

2. MENURUNKAN KOLESTEROL

Manfaat kefir yang kedua adalah dapat menurunkan kolesterol. Pada tahun 2017, sebuah studi dilakukan untuk mengukur perubahan tingkat kolesterol pada wanita yang mengonsumsi kefir dan susu rendah lemak. Para naracoba diminta untuk mengonsumsi 2 porsi susu rendah lemak, 4 porsi susu rendah lemak, atau 4 porsi kefir setiap hari.

Setelah 8 minggu, naracoba yang rutin mengonsumsi kefir menunjukkan adanya penurunan kadar total kolesterol dan kolesterol jahat secara signifikan dibandingkan dengan naracoba yang meminum susu rendah lemak.

Hal ini mungkin disebabkan oleh kandungan probiotik pada kefir yang berperan dalam menentukan jumlah kolesterol yang diserap tubuh. Selain itu, probiotik juga dapat mempengaruhi tubuh dalam memproduksi, memproses, dan menggunakan kolesterol.

3. MENINGKATKAN NUTRISI

Manfaat kefir yang ketiga adalah dapat membantu meningkatkan nutrisi. Nutrisi pada kefir ditentukan oleh susu yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kefir. Nah, beberapa nutrisi yang umumnya terdapat dalam kefir adalah protein, kalsium, dan kalium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, beberapa merk kefir juga mengandung vitamin D.

4. MENINGKATKAN TOLERANSI LAKTOSA

Manfaat kefir yang keempat adalah dapat meningkatkan toleransi laktosa. Sebuah penelitian pada tahun 2003 menyimpulkan bahwa mengonsumsi kefir dapat memperbaiki pencernaan laktosa sehingga berpotensi untuk digunakan dalam membantu meningkatkan toleransi laktosa.

Orang dengan intoleransi laktosa dapat secara aman mengonsumsi kefir, hal ini disebabkan kandungan bakteri pada kefir memecah sebagian besar laktosa.

5. MENJAGA KESEHATAN PERUT

Manfaat kefir yang kelima adalah menjaga kesehatan perut. Perut mengandung bakteri baik dan buruk. Mempertahankan keseimbangan bakteri baik dan buruk adalah bagian penting dalam usaha menjaga kesehatan perut. Keseimbangan bakteri pada perut biasanya diakibatkan oleh infeksi, penyakit, atau penggunaan beberapa jenis obat, seperti antibiotik.

Probiotik pada kefir mirip dengan bakteri baik yang secara alami ditemukan dalam saluran pencernaan sehingga dapat membantu mempertahankan keseimbangan bakteri dan menjaga kesehatan perut. Kefir juga dapat membantu pengobatan diare dan tukak lambung.

6. MEREDAKAN INFLUEZA

Manfaat kefir yang keenam adalah dapat membantu meredakan penyakit influenza. Penyakit influenza dapat disembuhkan dengan rutin mengonsumsi kefir. Hal ini disebabkan kandungan antibakteri dalam kefir dapat diandalkan untuk meredakan penyakit influenza.

7. ANTIOKSIDAN ALAMI

Manfaat kefir yang ketujuh adalah dapat digunakan sebagai antioksidan alami. Selain minuman probiotik, kefir juga sering disebut sebagai minuman antioksidan. Kefir dapat membantu menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya gangguan tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas, seperti penuaan.

Kefir juga dapat membantu memperbaiki kondisi mood, kesehatan otak, dan menjaga stabilitas emosi. Kefir juga dapat melawan oksidasi sel dan kerusakan DNA yang seringkali memicu tumbuhnya sel abnormal atau kanker.

Nah, itu tadi 7 manfaat kefir untuk kesehatan tubuh dan semoga saja bermanfaat yah untuk Kita semua, salam sehat.