Lomba Balita Di Puskesmas

sat-jakarta.com – Puskesmas Jurang Mangu menggelar lomba Balita Sehat 2015. Dengan tema “Ciptakan Generasi Bangsa Yang Sehat Dan Berkualitas”, puluhan bayi dan balita beserta orangtuanya antusias mengikuti lomba yang digelar di halaman Puskesmas Jurang Mangu, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (23/05) lalu. Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Jurang Mangu, Bidan Dyah Astuti mengatakan, sekitar 130 anak yang menjadi peserta merupakan perwakilan dari 50 Posyandu di lingkungan puskemas.

Baca juga : kursus IELTS terbaik di jakarta

Peserta lomba dibagi dalam dua kategori. Pertama, kategori balita usia 6—12 bulan, lalu ka tegori 13— 24 bulan. Kriteria penilaian juri, adalah pengukuran fi sik peserta lomba, kepatuhan pada hak-hak anak semisal kepemilikan akta kelahiran dan kartu menuju sehat, pemahaman dan penerapan gizi di keluarga, penilaian kesehatan ibu, pemeriksaan gigi balita, pemantauan grafi k tumbuh-kembang balita, kunjungan rutin ke puskesmas, kepatuhan pada jadwal imunisasi, dan pemeriksaan psikologi.

“Lomba balita sehat ini bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat yang berkualitas dan produktif, sehingga tercipta generasi penerus yang andal bagi pemba ngunan ke depan. Lomba ini juga mendorong posyandu untuk melaksanakan aktivitasnya dengan rutin dan benar. Nantinya, pemenang di tingkat puskesmas dari tiap kategori ini akan dikirim ke tingkat kabupaten dan seterusnya.

Kami berharap, peserta dari sini bisa lolos hingga ke tingkat provinsi, bahkan nasional,” kata Dyah. Pemenang di tingkat puskesmas mendapat piagam penghargaan, piala, serta berbagai macam hadiah dari sponsor. Lomba seperti ini sudah tiga kali dilakukan di Puskesmas Jurang Mangu. Tabloid nakita sebagai sponsor ikut berpartisipasi dengan memberikan goodie bag bagi semua orangtua yang hadir.

Pusat Kegiatan Stimulasi Untuk Bayi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Glenn Doman, otak bayi berkembang dengan sangat cepat saat diberikan stimulus dan kesempatan untuk bergerak. Oleh sebab itu, semakin awal stimulasi diberikan pada bayi, semakin baik perkembangan otaknya. Untuk membantu orangtua menstimulasi bayinya, kini hadir Molome Dalome Early Childhood Learning Center.