Pembangunan kawasan perumahan di Makassar berkembang pesat, sehingga menghasilkan banyak pilihan bagi masyarakat. Di kisaran berapakah harga rumah di Makassar saat ini? Daerah mana sajakah yang paling diminati?

Baca juga : Harga genset Yanmar

Berdasarkan survei di lapangan, harga rumah bervariasi mulai dari Rp100 juta sampai yang tertinggi Rp1 milyar lebih. Harga tanah yang semakin mahal di Makassar menjadi penyebab tingginya harga rumah. Gambaran semakin mahalnya harga tanah di Makassar diperoleh dari pernyataan sejumlah pengembang perumahan, pelaku properti, hinggga agen properti, sejak akhir pekan lalu.

Wakil ketua Bidang hubungan Masyarakat, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estatie (REI) Sulsel, Simon Rahman mengatakan bahwa harga tanah di kota ini semakin tinggi. Rata-rata kenaikan reguler mencapai 20% setiap tahunnya. Bahkan, kenaikan harga di sejumlah kawasan yang dulunya “pinggiran” kota bisa mencapai 100%.

Sedangkan lahan properti termahal saat ini di Makassar di Jl. Sudirman dan Jl. Ahmad Yani, yang dikatakan sebagai kawasan “emas” dibanderol Rp35 juta-Rp40 juta per meter persegi. Meski harga rumah tertinggi di kawasan “emas” dan kawasan berkembang bisa mencapai Rp5,2 milyar (460m²), namun tetap tersedia pilihan untuk kocek yang terbatas. Berikut daftar beberapa rumah yang dijual di Makassar dan sekitarnya.

Kawasan “Emas” Tanjung Bunga Lokasi: Jl. Metro Tanjung Bunga. Berada di kawasan Pantai Losari, Pantai Akkarena hingga pesisir Barombong. Transportasi: – Akses jalan 4 jalur ke Jl.Penghibur dan perbatasan Takalar, Pusat Kota Makassar. – Jalur transportasi Bus Trans Mamminasata -Sekitar 5 menit dari akses angkutan kota (petepete) Pengembang yang ada di daerah ini: PT Gowa Makasasa Tourism Development (GMTD)/ Lipoo Group, Rancang Komunika Mandiri (RKM), Basowa Properti. Fasilitas Kawasan: Masjid, kawasan wisata, pusat pendidikan (sekolah dan universitas), hotel, rumah sakit. Selain Tanjung Bunga, ada 2 kawasan lagi di Makassar yang dapat digolongkan sebagai kawasan emas yaitu Hertasning Baru-Jl Tun Abdul Razak dan kawasan di Jl. Boulevard Panakkukang yang merupakan kawasan apartemen.

Kawasan Berkembang 1. Samata, Gowa, yang ada di terusan Jl. Hertasning Baru-Jl. Tun Abdul Razak. 2. Pattalassang, Gowa, yang diproyeksikan menjadi kota satelit. Pemkab Gowa berencana memindahkan ibu kota di kawasan ini. Ada di Jl. Hertasning Baru-Jl tun Abdul Razak. 3. Moncongloe, Maros, tembus Jl. Antang-Bumi Tamalanrea Permai (Jl. Perintis Kemerdekaan)-Jl Pattalassang. 4. Barombong, Makassar, terusan Tanjung Bunga, perbatasan Makassar-Takalar