Peran Penting Manajer Waralaba dan Jasa SEO Semarang

Peran Penting Manajer Waralaba dan Jasa SEO Semarang. Abad ke 21 adalah era entrepreneur. Mengapa? Karena persaingan dunia usaha semakin besar dan kesempatan untuk membuka usaha juga semakin terbuka lebar. Hawa persaingan bebas telah memberikan ruang bagi orang-orang kreatif dan inovatif untuk membuat mimpi-mimpi mereka menjadi kenyataan. Akan tetapi, dengan semakin terbukanya bisnis, beban risiko dan hambatan juga semakin besar. Salah satu alternatif yang digunakan oleh perusahaan adalah mengembangkan usaha nya menggunakan “strategi franchise”.

Perusahaan yang menggunakan strategi ini secara otomatis akan membentuk divisi baru yaitu divisi franchise yang akan dipimpin oleh seorang Manager Franchise (MF). Tapi, memilih orang yang tepat untuk mengurusi masalah tersebut tidaklah mudah. Salah memilih orang, bisa berakibat usaha waralaba berantakan. Berkaca dari hal tersebut maka kita harus berhati-hati dalam memilih MF. Karena MF inilah yang nantinya akan bertanggung jawab atas perkembangan operasional franchise. Memilih MF haruslah orang yang matang dan berpengalaman dalam bidang manajerial. Seorang MF pun harus diberikan independensi dalam menjalankan tugas-tugas yang menjadi kewenangan nya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih MF. Pertama, orang tersebut harus memiliki wawasan luas dan visi yang jauh ke depan. Wawasan dan visi yang dimiliki seorang MF akan berguna dalam menentukan blue print arah perkembangan usaha. Kedua, mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini menjadi syarat penting, lantaran seorang MF akan berhubungan dengan banyak pihak. Terutama franchisee dan customer. Ketiga, memiliki relasi maupun networking yang luas. Hal ini akan menjadi sebuah nilai tambah yang akan membantu dalam mengembangkan bisnis franchise.

Terakhir, dan tidak kalah penting adalah menyukai bisnis atau usaha ini. Karena bila setengah-setengah menjalani usaha ini, pasti hasilnya juga tidak akan maksimal. Bertanggung JawaB terhadap Merek Tugas seorang MF sendiri tidaklah mudah. Seorang MF bertanggung jawab dalam proses rekrutmen calon franchisee (orang yang menjadi mitra waralaba). Calon franchisee haruslah pihak yang potensial dalam mengembangkan usaha franchise. MF pun harus bisa menganalisa kemajuan bisnis franchisee, memberikan pelatihan atau bantuan bagi franchisee saat mendapatkan masalah.