Menyulap Keruh Jadi Bening Bagian 2

Adapun tawas digunakan untuk menjernihkan air. ”Tawas ini bisa dipakai atau tidak,” kata Nyoman pekan lalu. Kapur tohor berguna mengubah tingkat keasaman air. Kapur tohor biasanya digunakan untuk melabur tembok. Adapun tanah lempung untuk mengendapkan warna keruh karena mengandung partikel koloid halus. ”Air gambut memang tidak mengandung partikel koloid sehingga susah diendapkan,” katanya.

Ihwal penggunaan kaporit, Nyoman yakin senyawa kimia ini aman dipakai karena gas berbahaya yang dikandungnya akan menguap sendiri ketika penutup bak air dibuka. Bau menyengat kaporit akan hilang seketika saat air dimasak. Bahan-bahan tersebut dicampur dalam toren: mula-mula air, menyusul kaporit, kapur tohor, tanah liat, dan tawas.

Setiap 400 liter air gambut membutuhkan kaporit 12 takar, kapur tohor 8 takar, tanah liat 16 takar, dan tawas 20 takar. Takaran yang dipakai adalah tutup botol air kemasan. Satu takar setara dengan 5 gram kaporit, 8 gram tawas, 7 gram tanah liat, dan 2,5 gram kapur tohor.

Tim LIPI sengaja menggunakan ukuran tutup botol air kemasan karena mudah bagi masyarakat serta gampang diperoleh. Nyoman mengatakan pH (potential Hydrogen) air hasil dari proses pengolahan ini meningkat mencapai 6,5-7,5 dari sebelumnya sekitar 3-5 pH. ”Kondisi ini sudah ideal sebagai air bersih,” katanya. LIPI mempersilakan masyarakat memanfaatkan cara sederhana ini secara cuma-cuma. Masyarakat Kelurahan Kalampangan dan Danau Tundai di Palangkaraya sudah mulai menggunakannya sejak bulan lalu.