Harga tanah yang semakin mahal di tengah kota, menyebabkan pembangunan properti mulai bergeser ke daerah sekitarnya, seperti Bantul dan Kulonprogo. Sejak dua tahun belakangan, perkembangan perumahan baru di Yogyakarta bergeser ke Bantul dan Kulonprogo. Sebelumnya, wilayah Kodya Yogya dan Sleman menjadi kawasan favorit. Salah satu alasannya, harga lahan di kawasan Kota Yogya dan Sleman dirasa sangat mahal.

Baca juga : Harga Genset Yanmar

Selain itu juga dipengaruhi adanya pembatasan penggunaan lahan untuk perumahan. “Terutama untuk pengembang perumahan dengan harga di bawah Rp500 juta, lahan di Bantul dan Kulonprogo menjadi pilihan karena harganya masih relatif murah,” ucap Remigius Edi Waluyo, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia (REI) Daerah Istimewa Yogyakarta. Meski demikian masih ada beberapa pengembang yang bertahan di kawasan Sleman, dengan tentu saja membangun hunian harga elit, diatas Rp1 milyar.

PT Ciputra Group misalnya, kini tengah membangun 200-an hunian tipe 151/150 di kawasan Jl. Wates, dengan banderol harga mulai dari Rp500 juta-Rp1,5 milyar. Selain lokasinya yang strategis di jalur utama menuju kota Yogyakarta dan berdekatan dengan Universitas Mercu Buana, kompleks hunian ini juga memiliki fasilitas, di antaranya taman rekreasi, akses jalan lancar dan listrik underground. Pertumbuhan properti di luar kota Yogyakarta dan Sleman, juga dipengaruhi oleh munculnya akses jalan lingkar (ring road) yang mengelilingi poros tengah Propinsi DIY.

Beberapa tahun lalu, di sepanjang poros jalan yang terhubung langsung ke ring road, seperti poros Jalan Kasihan, poros Jalan Bantul, poros Jalan Parangtritis, poros Jalan Imogiri Barat (Jalimbar), poros Jalan Imogiri Timur (Jalimtim), dan poros Jalan Raya Pleret, masih banyak dijumpai lahan pertanian. Namun, kurang lebih 2 tahun terakhir pergerakan perekonomian dan perumahan di wilayah-wilayah tersebut cukup mencengangkan.

Di sana sini muncul berbagai sarana pembangkit lingkungan termasuk kehadiran perumahan. Hampir di sepanjang jalan-jalan tersebut kini telah berparkir dengan manis berbagai perumahan yang menawarkan rumah dengan berbagai kelebihannya, menjanjikan kenyamanan dan nilai investasi.